Profil H. Ikmal Jaya SE, Ak




H. Ikmal Jaya, SE, Ak, atau lebih dikenal dengan panggilan JAYA, lahir di kota Tegal, 14 Juli 1973, adalah pasangan H. Ismail AD dan H. Rokhayah, dibesarkan dalam lingkungan religius. Menikah dengan Hj. Rosalina, seorang putri Pangkalpinang sebagai pendamping setianya, Ikmal Jaya telah dikaruniai 3 orang putra putri. Yaitu Anis Serliga lahir 7 September 1996, Muhammad Reksa lahir 27 Juni 2000, dan Sakinah Mazidah 17 Februari 2005.

Menamatkan Sekolah Dasar Ikhsaniyah 2 Tegal (1985), kemudian menyelesaikan SMP Negeri 3 Tegal (1988) dan SMA Negeri 1 Tegal (1991). Oleh karena itu, masa kecil dan remaja dihabiskannya di Tegal. Sehingga pemahaman tentang Tegal dengan segala dinamikanya bukanlah hal yang baru. Pendewasaan dan pencarian jati diri diteruskan ketika melanjutkan pendidikannya di Akademi Akuntansi YKPN Yogyakarta (1994) dan Fakultas Ekonomi jurusan Akuntansi pada Universitas Sebelas Maret Surakarta (1997) yang mengantarkannya mendapatkan gelar Kuntan dengan No. Register 18852.

Pada tahun 2003, Ikmal Jaya juga melihat peluang yang sangat terbuka untuk kembali mengembangkan bisnisnya di bidang transportasi di Jakarta. Salah satu keberhasilannya mengelola bus angkutan Bumi Serpong Damai (BSD), Kemang Pratama, Lippo Karawachi, Bintaro Jaya dan Bukit Sentul, armada angkutan ini, pada perkembangannya menjadi embrio dengan apa yang disebut Feeder Bus yaitu bus yang berfungsi memasok penumpang Bus Trans Jakarta (TJ)., dibawah bendera PT. WIFEND DHARMA PERSADA dimana Ikmal Jaya juga bertindak sebagai direktur utama. Ini merupakan prestasi tersendiri karena tidak semua perusahaan dapat berkiprah sebagai bagian dalam proyek megapolitan Trans Jakarta,apalagi hal ini dilakukan oleh perusahaan daerah seperti Tegal.

Keberhasilannya itu kemudian membawa Ikmal Jaya untuk sekaligus menahkodakan perusahaan angkutan terbesar di Kota Tegal yaitu P.O. Dewi Sri sebagai Direktur Utama sampai saat ini. Ikmal Jaya tidak sampai berhenti di bidang bisnis yang telah membersarkan namanya. Di bidang organisasi, keberadaan Ikmal Jaya juga diakui. Tercatat, pada tahun 1998 - 2000, Jaya dipercaya sebagai Wakil Ketua Persatuan Buruh Demokrasi Indonesia Tegal, yang semakin mendekatkan dan mengenalkannya pada dunia politik praktis. Oleh karena itu, pada tahun 2000 - 2005 Jaya dipercaya sebagai bendahara Pengurus Anak Cabang (PAC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kota tegal. Dengan demikian dunia politik bukanlah hal yang asing baginya, satu hal yang menjadi keinginanya terjun dalam kepartaian adalah memberikan warna sebagai partai yang visioner, paham dan peka terhadap permasalahan rakyat serta religius sebagaimana karakter masyarakat kota Tegal.

Keinginanya untuk berperan serta mengembangkan kota Tegal, juga dilakukan dengan membentuk Event Organizer (E.O) DJ. Jawa. Kendatipun relatif baru E.O. ini telah menyelenggarakan Fun Rally 2006 dalam rangka menyemarakan Hari Jadi Kota Tegal ke 426 tahun 2006, yang bekerja sama dengan Ikatan Motor Indonesia Polresta Tegal dan
sponsorship lainnya. Ini merupakan apresiasi dan dedikasi untuk ikut serta mengabdikan diri untuk Kota Tegal tercinta. Disamping hal tersebut , beberapa kegiatan diantaranya bhakti sosial seperti pembagian sembako, bantuan biaya pengobatan dan khitanan massal merupakan wujud tanggung jawab sosialnya sebagai pengusaha yang secara tidak langsung dibesarkan oleh masyarakat Kota Tegal.


Ikmal Jaya sosok pemimpin Ideal

Diantara yang menarik adalah penentuan beberapa kriteria tertentu mengenai figur yang ideal memimpin Kota Tegal. Berdasarkan komunikasi dan penjaringan aspirasi yang dilanjutkan denan kajian mendalam, H. Ikmal Jaya, SE, Ak, dipandang memenuhi kriteria untuk memimpin kota Tegal.

Pertama, H. Ikmal Jaya, SE, Ak, merupakan putra daerah asli yang teruji dalam memimpin perusahaan yang dikelolanya sehingga merupakan modal besar untuk memimpin kota Tegal.

Kedua, H. Ikmal Jaya, SE, Ak, merupakan muslim yang taat sehingga semua jabatan dianggap sebagai amanah yang harus dijalankan dengan benar dan tidak dikhianati.

Ketiga, H. Ikmal Jaya, SE., Ak, memiliki kepekaan terhadap masyarakat. Sehingga sebagian program yang dijalankanpun untuk kepentingan masyarakat pada umumnya.

Keempat, H. Ikmal Jaya, SE., Ak, memiliki visi dan misi yang tajam dan komprehensip baik dalam bidang sosial kemasyarakatan, pelayanan publik, penegakkan hukum, anti KKN, maupun dalam pembangunan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat.

Demikian cuplikan profil H. Ikmal Jaya SE., Ak, semoga karya kecil ini akan semakin medekatkan jalinan silatrahmi yang telah terbangun untuk menyatukan visi.

Sumber : www.koranlokal.com

======================



Blogger Templates by Isnaini Dot Com. Supported by ArchiThings.Powered by Blogger